Ringkasan Modul Pedagogik – Topik 1
Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan Projek (PjBL)
PBL = pendekatan yang menggunakan masalah nyata untuk melatih pemecahan masalah, berpikir kritis, dan belajar mandiri.
PjBL = pendekatan berbasis proyek yang menghasilkan produk nyata dari proses belajar.
PjBL = pendekatan berbasis proyek yang menghasilkan produk nyata dari proses belajar.
1. Konsep & Teori Pendukung
- Piaget: konstruktivisme kognitif, siswa membangun pengetahuan dari pengalaman.
- Vygotsky: belajar sosial & ZPD, pentingnya interaksi.
- Bruner: discovery learning & scaffolding.
- Dewey: kelas sebagai laboratorium pemecahan masalah nyata.
2. Sintaks PBL
- Orientasi masalah
- Mengorganisasi siswa
- Penyelidikan individu/kelompok
- Mengembangkan & menyajikan solusi
- Analisis & evaluasi
3. Sintaks PjBL
- Menentukan pertanyaan/proyek
- Mendesain perencanaan
- Menyusun jadwal
- Melaksanakan & monitoring
- Presentasi & penilaian
- Evaluasi & refleksi
4. Perbandingan PBL & PjBL
| Aspek | PBL | PjBL |
|---|---|---|
| Fokus | Pemecahan masalah | Proyek nyata |
| Hasil | Solusi konseptual | Produk/artefak |
| Proses | Analisis & refleksi | Eksplorasi & penciptaan |
| Durasi | Lebih singkat | Lebih panjang |
5. Manfaat
- Mengembangkan keterampilan abad 21 (4C: Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication).
- Meningkatkan motivasi & relevansi belajar.
- Menumbuhkan kemandirian & tanggung jawab siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar